KARAKTER DAN VISI SEBUAH FOTO

Akhir tahun 2010 yang lalu, saya menyempatkan diri untuk mengabadikan suasana alam di Lapangan Golf Jagorawi lewat foto. Saya mengambil foto amat banyak. Foto-foto tersebut kemudian saya perlihatkan kepada seorang teman baik saya. Teman saya ini lantas memperlihatkan foto-foto tersebut kepada teman dekatnya yang seorang pengusaha, kebetulan penggemar dan pencinta lukisan. Dia memilih 4 buah foto dari sekian banyak foto yang menurut dia bagus dan dibawah ke galeri langganannya di Singapore dengan maksud diseleksi untuk dijadikan lukisan.

Beberapa waktu kemudian (Senin, 28 Februari 2011) saya memperoleh kabar tentang nasib foto-foto saya tersebut antara lain; Foto-foto yang bagus, pemilik/pemotretnya memiliki karakter yang kuat, namun visinya lemah. Atas dasar penilaian tersebut tidak satupun foto-foto tersebut yang dilukis.

Bagi saya yang adalah seorang amatir dalam dunia fotografi, hal ini tetap menjadi kebanggaan. Betapa tidak, foto-foto saya tersebut, dinilai oleh pemilik gallery di Singapore yang sudah barang tentu orang professional dibidangnya karena Foto-foto yang saya buat tersebut adalah untuk saya nikmati sendiri, paling tidak juga untuk teman baik saya. Tidak sedikitpun saya maksudkan untuk dikomersilkan bukan saja karena hasil foto saya amat standar menurut saya sendiri. Sampai sekarang saya masih menyimpan tanya: Apa yang dimaksud dengan Pemotretnya memiliki karakter kuat, namun visinya lemah? Apakah teman-teman Kompasiana dapat membantu saya memberikan penjelasan prihal penilaian atas foto-foto saya tersebut ?

Agar teman-teman Kompasiana dapat juga menilai dan memberikan opini, saya lampirkan beberapa lembar foto yang merupakan paket foto yang saya buat :

Terima kasih atas opini teman-teman.

Seorang teman dari Salatiga memberikan tanggapan berkaitan dengan postingan saya diatas sebagai berikut :

Foto….. sebuah lukisan cahaya yang didalamnya ada cerita. Ada cerita apa didalam sebuah frame dan mau dibawa kemana mata ini untuk melihat sebuah sisi yang menarik “point of interest”. Nah jika mata sudah terjebak, barulah muncul sebuah visi… “ow ini foto tentang bla…bla…bagusnya bla…bla…bla”.
Saya juga masih dalam tahap belajar, monggo kalau mau sharing main dirumah saya http://www.dhave.co.nr sapa tau bisa saling tukar pengalaman dan ilmu.
Makasih, sering-sering saja di share hasil jepretannya, agar dapat makian dari mereka yang pakar dibidangnya agar baik jadinya “CMIIW”.
salam jepret dan selamat atas fotonya
salam hangat dari Salatiga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s