Target CUBG Blok Q Tahun 2010

Oleh : R. Antonius Sumarwan, SJ

Stephen Covey mengatakan bahwa proses penciptaan terjadi dua kali: pertama dalam pikiran, kemudian dalam kenyataan. Dan apa yang terjadi pada kenyataan banyak tergantung pada apa yang dipikirkan. Di sinilah pentingnya mempunyai impian dan menuangkannya dalam perencanaan. Dalam ilmu manajemen proses ini berlangsung dalam penyusunan rencana kerja (bussiness plan) dan rencana strategis (stategic plan).

Sejarah pergerakan Credit Union menunjukkan kebenaran pandangan Covey. Sejak 2000 beberapa CU diajak bermimpi kemudian membuat rencana kerja dan rencana strategis. Hasilnya pertumbuhan mereka dari sisi anggota dan aset melesat cepat. Hal ini pada gilirannya memacu juga perkembangan CU secara nasional. Grafik pertumbuhan anggota CU di Indonesia berikut ini menunjukkan trend tersebut:

CU Bererod Gratia (CUBG) berkomitmen ambil bagian dalam gerak CU-CU modern. Sejak 2010 kita telah membuat rencana kerja sesuai standar manajemen dan keuangan. Pada akhir tahun 2010 CUBG menargetkan mempunyai 6.449 anggota (meningkat 48% dari 4.368 pada 2009) dan aset Rp 73,035 milyar (meningkat 68% dari Rp 43,528 milyar pada 2009). Kita percaya impinan ini akan mengobarkan semangat dan memberikan arah pada gerak kita.

Untuk CUBG Kantor Kas Blok Q, rincian impian dan rencana kerja itu dituangkan dalam tabel berikut :

Strategi untuk Mencapai Sasaran

Untuk mencapai target-target yang di proyeksikan di atas, para penggiat CUBG Kantor Kas Blok Q telah merumuskan beberapa strategi sebagai berikut :

1.      Pertumbuhan Anggota

Target anggota baru pada tahun 2010 sebesar 180  anggota baru (dari 344 menjadi 524) cukup rasional. Sepintas, ini pekerjaan yang tidak mudah. Namun dengan cara jika setiap bulan minimal 15 anggota baru saja yang masuk, maka dalam satu tahun sudah terpenuhi target tersebut. Kalau masih dirasa berat juga, maka jika setiap anggota yang lama mengajak satu anggota baru saja, target di atas akan terlampaui yaitu menjadi 688 anggota. Mudah bukan? Hal yang sangat mungkin kita capai kalau setiap anggota CUBG yang ada sekarang memikul tanggunggjawab yang sama yaitu membawah satu anggota baru.

2.        Pertumbuhan Simpanan

Pertumbuhan simpanan pada tahun 2010 seperti target di atas rasanya tidak sulit dicapai. Bahkan tidak perlu promosi khusus pun akan tercapai. Yang perlu dilakukan adalah mendorong simpanan pada produk-produk tertentu misalnya Pagan dan Pundi Gratia.

3.      Pertumbuhan Pinjaman

Dengan bunga pinjaman menarik mulai tahun ini (1,75% per bulan atau 11% per tahun – (sebelumnya 2% menurun)), lalu proses pencairan pinjaman maksimal 14 hari dan peruntukan pinjaman diperluas (Usaha, Modal Kerja, Kendaraan, Renovasi Rumah, Kontrak Rumah, Pendidikan, Pembelian Laptop/komputer, keperluan lain dan kapitalisasi), maka Total Pinjaman Beredar Rp  4.219.243.750 akan mudah dicapai. Jika saja 75% anggota (393 orang) meminjam, maka rata-rata Pinjaman Rp  10.735.989. Jika dipecah lagi maka akan semakin mudah, seperti ilustrasi berikut :

4.      Pendapatan

Target pendapatan sebesar Rp  596.903.650 dengan sendirinya tercapai bila target pencairan dan pinjaman beredar tercapai dan pinjaman lalai serendah mungkin.

 Pencapaian Per April 2010

 Kita telah menuangkan target dan rencana kita. Bagaimana pencapaiannya pada empat bulan yang telah lewat? Mari kita simak data berikut:

Komentar

Data di atas memperlihatkan bahwa pada sisi pertumbuhan Simpanan dan Kekayaan semua target tercapai. Kalau pertumbuhan terus seperti sekarang ini target Simpanan dan Kekayaan pada akhir tahun pasti terpenuhi.

Pertumbuhan anggota dalam empat bulan terakhir rata-rata 10 orang atau masih di bawah target, yaitu 15 orang per bulan. Dengan promosi yang lebih gencar dan terarah pada komunitas-komunitas yang potensial, kekurangannya ini masih dapat dikejar dalam delapan bulan mendatang.

Dari sisi pencairan dan peredaran pinjaman, selama empat bulan terakhir sudah terjadi perkembangan yang sangat berarti. Peredaran Pinjaman Kapitalisasi dan Konsumtif bahkan melampaui target catur wulan. Meski demikian, untuk pinjaman Produktif di mana kita menargetkan pencairan yang lebih banyak, pencapaiannya masih di bawah target. Demikian pula pencairan pinjaman catur wulan secara keseluruhan baru tercapai 59%. Semoga pada bulan-bulan mendatang anggota yang mempunyai peluang usaha yang bagus tidak ragu-ragu untuk memanfaatkan pinjaman dari CUBG.

Belum seimbangnya pertumbuhan Pinjaman dan pertumbuhan Simpanan berpengaruh pada Pendapatan, Biaya dan Sisa Hasil Usaha Bersih. Meskipun Biaya di bawah target, tetapi karena Pendapatan juga di jauh di bawah target, untuk empat bulan ini SHU CUBG Blok Q masih minus. Semoga dengan Pola Kebijakan yang baru, di mana BJS Megapolitan diturunkan menjadi 11% dan bunga pinjaman diturunkan menjadi 1,75 % per bulan menurun, dapat membuat perfoma CUBG Blok Q dari sisi Pendapatan, Biaya dan Sisa Hasil Usaha bersih membaik pada bulan-bulan mendatang.

Kita sedikit lega karena sejak penerapan Poljak Baru sudah mulai terjadi penurunan defisit. Penurunan ini diharapkan menjadi semakin cepat pada bulan-bulan mendatang dan berubah menjadi surplus. Asalkan anggota tidak ragu-ragu memanfaatkan produk pinjaman CUBG, harapan ini pasti terwujud. Mari kita majukan CUBG dengan tidak ragu mengajukan pinjaman yang sehat dan bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s